me_and this uncertain world

me_and this uncertain world
(tulisan ini menelanjangi isi hati saya)

Rabu, 21 Juli 2010

Skripsi-ku

tiba-tiba saya teringat masa-masa membuat skripsi. masa-masa paling berat sepanjang sejarah perkuliahan (selain tentunya harus bekerja paruh waktu untuk memenuhi beberapa keperluan). masa-masa skripsi benar-benar membuat saya terkagum-kagum, betapa banyaknya dukungan, betapa kuatnya saya menyusun semua itu, dan beberapa anugerah lain yang ditiupkan Tuhan pada masa itu.



skripsi saya secara garis besar bercerita tentang jembatan rangka baja. sebuah evaluasi desain yang menyenangkan. kegiatan saya waktu itu, duduk di depan komputer mendengar mp3, sambil mengutak-atik SAP 2000 ver. 10 kalau tidak ketemu "0" program di depan layar berganti jadi games Free Cell. hehehehehehe

ide dari skripsi saya datang pada saat mengikuti kompetisi jembatan indonesia III di balairung UI. (sampai detik ini saya berterima kasih pada himpunan yang mempercayakan saya dan Gladak Silo team untuk mewakili UNEJ saat itu_bisa dibayangkan saya masih duduk di bangku kuliah mencari judul skripsi)

ini adalah si Gladak Silo jembatan rangka kayu (dengan modifikasi pengurangan beban yang membuat kami memotong penampang perseginya jadi siku)


saya benar-benar takjub dengan si Gladak Silo (my team i miss you) betapa perkasanya dia menahan beban.. Gladak Silo itu seperti refleksi kebersamaan tim kami, ada yg KKN, ada yg PKL, ada yg sibuk sendiri, tapi dengan satu keajaiban jembatan itu gagah berdiri. meskipun kami kalah tak jadi soal. Gladak Silo bisa berdiri sudah merupakan kegembiraan tersendiri.

balik lagi ke masalah Skripsi
ini buku-buku yang menemani saya selama skripsi :
Charles G.Salmon. 1997. Struktur Baja Disain dan Perilaku, Jakarta : Penerbit Erlangga
Gunawan Rudy. 1987. Tabel Profil Konstruksi Baja, Yogyakarta : Penerbit Kanisius
Oentoeng. 1999. Konstruksi Baja, Surabaya :Penerbit Andi
Soemargono. 1984. Jembatan, Jakarta : PT Pradnya Paramita, ,
Standart Nasional Indonesia (SNI) T-02-2005 tentang pembebanan jembatan
Standart Nasional Indonesia (SNI) T-03-2005 tentang perencanaan struktur baja untuk jembatan
Standart Nasional Indonesia (SNI) T-02-2005 tentang ketahanan gempa untuk jembatan

sekarang saya bekerja di salah satu instansi sebagai engineer. saya benar-benar berterima kasih pada 2 dosen pembimbing saya. benar-benar bangga menjadi didikan beliau. terima kasih atas perhatiannya terhadap perjalanan panjang saya..... semoga Tuhan membalas ribuan kali lipat.... amiiin

Love_take care

Tidak ada komentar:

Posting Komentar