me_and this uncertain world

me_and this uncertain world
(tulisan ini menelanjangi isi hati saya)

Selasa, 20 Juli 2010

MRT



mass rapid transit a.k.a MRT angkutan massal cepat. sesuai namanya.. massal banyak muatan dan yang penting cepat!

saya suka sekali mengingat pelajaran Rekayasa Sistem Transportasi waktu kuliah. dosen saya waktu itu sangat apik menjelaskan tentang sistem transportasi yang satu ini. bayangkan deh :

saya sih gak begitu expert untuk hal yang satu ini, tapi... intinya waktu itu saya menganggap konsep ini adalah ide brilian ketika kita bisa memindahkan mobil sebanyak itu.

pembangunan infrastruktur kota berupa jalan tidak akan mungkin mengimbangi pertumbuhan pembelian mobil. kredit mobil menjadi sangat murah. jadi semua orang bisa beli mobil asalkan punya pekerjaan agak layak.. impact langsungnya tiba-tiba semua jalan jadi macet. bukan hanya jalan arteri, sampai jalan kolektor pun kena imbasnya. tiba-tiba v/c ratio jalan hampir mendekati 1, yang dalam bahasa mudahnya kinerja jalan menjadi tidak layak dan tentunya padat merayap atau lebih parahnya berhenti macet total.

panjang jalan di kota-kota besar hampir tidak mungkin bertambah secara signifikan untuk menambah kinerja ruas tertentu. harga tanah untuk pembebasan lahan melambung tinggi. jadi masa mau beli tanah terus dan ngelebarin jalan terus menerus??

kalau saja semua mobil di jakarta dikeluarin.... fiuh yakin gak akan muat tuh jalan sekota buat menampung mobil-mobil tersebut.

well, ini dia solusi cantik dari para pencetus ide MRT. memindahkan segitu banyaknya mobil ke dalam moda angkutan MRT. untuk beberapa penganut quickly express (minjem judul film hehehehehe,, padahal maksudnya cepat dan ekspres) sistem MRT yang terkelola dengan baik menjadi sebuah solusi yang luar biasa. dimana ketepatan waktu menjadi layanan utama yang "dijual" oleh layanan MRT.

bayangkan sebuah jalur ekslusif tanpa ada mix traffic, berapa banyak waktu yang bisa dihemat setiap datang dan pulang beraktifitas.. (sekalian saya ingin bilang sama orang-orang yang suka masuk jalur busway, bisa liat kan ada rambu yang bilang kalau itu jalur busway bukan buat moda transportasi lain!kalau mau memakai jalur busway, parkir ajah kendaraannya di park and ride yang tersedia!! -sebeeeel penuh orang-orang yang suka melintas di jalur busway)

kinerja busway sebagai salah satu moda angkutan massal dan cepat bukan hanya tanggung jawab pemerintah. benar pemerintah punya andil besar di dalamnya, tapi mari kita sebagai rakyat biasa bersinergi mendukung ide cerdas penanggulangan macet ini. caranya :
1. bayar pajak. karena semua pembangunan dibiayai oleh pajak yang anda bayar.
2. jangan masuk jalur busway donk!!!!! selain berbahaya bagi keselamatan anda. ini juga merugikan penumpang busway.
3. jangan merusak fasilitas penunjang busway.
4. cara-cara lain mungkin yang terpikirkan.

sebuah negara berkembang seharusnya mulai memikirkan bagaimana memindahkan moda transportasi ke MRT... akan sangat ironis ketika jalan menjadi semakin lebar seiring dengan pembelian mobil dan angkutan pribadi lainnya.

memang ada banyak kekurangan dari moda yang sekarang ada di negeri ini. tapi biarkanlah itu menjadi sebuah koreksi untuk ke arah yang lebih baik. dan sebagai warga negara yang baik mari kita dukung program ini.

saya hanya pemerhati transportasi. pergerakan manusia dari satu tempat ke tempat lain. saya tidak menyalahkan atau membenarkan apapun dari sistem transportasi ini. saya hanya senang mendengarkan konsep yang dosen saya sampaikan saat kuliah dulu...
mudah-mudahan akan banyak lagi moda MRT yangberkembang di negara yang saya cintai...

love_take care

Tidak ada komentar:

Posting Komentar