me_and this uncertain world

me_and this uncertain world
(tulisan ini menelanjangi isi hati saya)

Rabu, 29 April 2015

Terbanglah Garuda

Dari kemarin ingin mengupdate postingan di blogger. tapi hufht sibuk dengan pekerjaan kantor dan persiapan tes bahasa korea....
Kenapa Korea??
mungkin kalian pikir saya kena demam Hallyu ato Kpop attack, ato apalah namanya... tapi,, ternyata ada satu hal yang ingin saya pelajari... Kenapa dalam 10 tahun terakhir negeri gingseng itu bisa go-international di semua lini! saya pake bold tinta tebal, karena... hampir semua lini korea menjadi magnet baru buat dunia. lagu, drama, budaya, produk, you name it!

Ah... alasan,,,
Tapi, saya percaya bahwa ketika kita belajar di universitas kita bukan hanya belajar secara akademis tapi juga tentang etos kerja, budaya, pola pikir dan lain-lain.. Saya salute! angkat topi untuk para Korean yang bisa menyedot dan menyaring budaya luar dan mengambil sari-sari penting dan meng-adjust nya dengan budaya setempat.

Saya teringat perkataan Dr. Para dosen Planning for Quality waktu saya kuliah di pandora box... bahwa Ostrom pernah bilang there is no single panacea! tidak ada satu penyelesaian, obat yang berlaku general. kita boleh mencomot-comot langkah-langkah yang berhasil di belahan bumi manapun, tapi.. jangan lupa menyesuaikannya dengan budaya sendiri, dengan local knowledge yang kita punya...

Mungkin Korea adalah contoh hidup dari itu. Mereka sadar, Korea is Korea. Mereka tetap dengan budaya unik-nya. dengan menyerap seluruh kebaikan yang mereka dapat dari seluruh dunia sekitarnya.

Saya ingin sekali belajar etos yang seperti itu, saya ingin sebanyak-banyaknya menyerap kebaikan kebaikan yang ada di negara-negara lain, tanpa kehilangan identitas saya sebagai orang Indonesia. Sewaktu saya menghadiri upacara penerimaan mahasiswa baru di pandora box, Kepala Universitas a.k.a Rektor bilang kalau, kami mahasiswa asing yang terbang ribuan mill dari rumah ke pandora box sebenarnya tidak belajar tentang Pandora box. Tapi belajar tentang diri kita sendiri. Lebih mengenal tentang diri kita sendiri.....

Dan Beliau benar. Kadang, berada ribuan mill jauhnya dari rumah, membuat kita sadar siapa diri kita sebenarnya. Membuat kita lebih bersyukur tentang diri sendiri. Makanya, Nabi Muhammad pernah bilang tuntutlah ilmu sampai ke negeri China.

Mungkin itulah maksudnya........

Oh iya,,, saya ingin mengucapkan sesuatu untuk pemuda Indonesia:
"Terbanglah yang jauh, ke negeri dimana orang-orang sekitar tidak paham bahasa ibumu, dimana budaya mu menjadi budaya minoritas, dimana wana kulitmu berbeda dengan mereka, dimana budayamu berbeda dengan mereka, maka..... kalian akan mengenali dirimu sendiri lebih baik lagi"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar