me_and this uncertain world

me_and this uncertain world
(tulisan ini menelanjangi isi hati saya)

Minggu, 25 Januari 2015

taman mini the Netherlands indah

 Okeh, kali ini kotak pandora box akan bercerita tentang Openlucht Museum di Arhem Belanda. Konsepnya mirip mirip taman mini. sebenernya Belanda emang jago kalo disuruh bikin Open museum. Tapi yang ini yah... nilainya 7 out of 10. soalnya museum terbuka ini buatan! bukan kayak Zuiderzee yang emang asli dari jaman dahulu kala, dan dijadikan area konservasi berupa open museum.


Disana sebenernya kayak wahana interaktif buat bocah-bocah belajar tentang sejarah Belanda. mulai dari miniatur NS.nl dari jaman baheula sampai sejarah angkutan-angkutan hasil produksi, dll. ada juga show case metro. lengkap dengan terowongan di bagian bawah rel-nya, jadi kita bisa liat bagian bawah metro jaman dulu kayak apaan.



 Bukan Belanda namanya kalau gak ada kincir angin. ternyata beberapa daerah di Belanda punya macam-macam bentuk kincir angin tradisional yang berbeda-beda. awalnya si kincir itu buat mengalihkan/memompa air yang banyak itu (Belanda jaman dulu banjir lho!) sampai mengairi pertanian, motong kayu, pembangkit listrik, banyak deh.. di sini juga ada mas-mas peraga yang ada di dalam kincir. pura-puranya jadi tukang kayu.

 Museum ini luas abis! bisa sih ditempuh dengan jalan kaki, bisa gempor! hahahhaha, makanya si penyelenggara museum menyediakan tram gratis sebagai alat transportasinya, berhenti di beberapa titik wahana, jadi dijamin gak bakalan capek.

yang menarik, ada Indonesian Garden. ada rumah kecil yang Indonesia banget nyempil lengkap dengan pohon pisang. si pohon pisang jadi objek rebutan foto para bule! padahal di belakang rumah banyak tuh

 Belanda juga terkenal dengan hutan pinus gitu.. ada miniatur hutan pinus yang lumayan luas dan hijau buat foto-foto... hehehehe,,,

harga masuk museum ini 15 euro ajah, kalau di rupiahin emang lumayan, tapi ini standar kok harga masuk museum-museum di Belanda. kalau pake Museumkaart gratis. happy travelling!





Tidak ada komentar:

Posting Komentar