me_and this uncertain world

me_and this uncertain world
(tulisan ini menelanjangi isi hati saya)

Senin, 26 Januari 2015

OLD DUTCH VILLAGE from the pandora box

trip ini, adalah trip penasaran gara-gara seorang teman asli belanda bilang ada museum anti mainstream di ujung belanda atas kiri. di Kota Enkhuizen. nama museumnya zuiderzee museum. yang kalau diartikan dalam bahasa Indonesia laut selatan museum. well, setahun di Belanda bikin saya betah bolak-balik museum! di sana juga saya mengerti kenapa museum di film-film Barat pasti bagus dan keren-keren. Da vinci code, night at the museum, dll. Balik ke pandora box. 
Museum ini adalah gabungan dari open museum dan indoor museum. 2 jam dari amsterdam. ke ujuuuuung.. waktu saya kesana bertepatan ama guy parade jadinya stasiun amsterdam ampuuun penuh kayak orang mudik. tiket 18 euro udah termasuk tiket masuk museum sama kapal menuju museum terbuka dari stasiun naik feri! kereeen. mungkin kalau ada lagu nenek moyangku seorang pelaut, yah si londo-londo dulu ini kali yah yang ngajarin tuh lagu.

si open museum ini dulunya beneran desa. intinya si zuiderzee ini nyeritain betapa dulu orang Belanda struggle ama banjir yang gak kelar-kelar. sampe akhirnya mereka invansi, sama bangun dam-dam segede gaban! 
namanya di Belanda, gak lengkap kalo gak majang kincir angin. meskipun satu dan imut, si Kincir angin ini bisa dicobain, hahahaha ada tuasnya diputer biar anak-anak kecil tahu caranya kerja si kincir angin itu.

gak lupa makan haring asaaap. nyam-nyam, ini ikan beneran diasap pake mesin tradisional. rasanya eduuun enyaaaaaak! parah! dari perut lapar gara-gara perjalanan dari groningen yang lumayan lama + keliling puas muter-muter open museum, saya kekenyangan makan ikan! padahal beli cuma sebiji ajah




Oh iya, di sana juga namanya desa beneran, jadi ada tukang kayu, tukang rotan, apotik, dll, dimana semua tempat itu ada peraganya. paling seru liat si tukang rotan yang mbak-mbak ini. Di Indonesia juga banyak ini yang kayak gini, tapi pengrajinnya bukan bule!








Tidak ada komentar:

Posting Komentar