me_and this uncertain world

me_and this uncertain world
(tulisan ini menelanjangi isi hati saya)

Rabu, 15 September 2010

"mau dibawa kemana hubungan kita?" tanya Armada.

"mau dibawa kemana hubungan kita?" tanya Armada.



Jujur ingin ketawa mendengar pertanyaan itu. pertanyaan cerdas yang menuntut kepastian. hidup yang aneh. hidup yang tidak pernah punya arah sampai muncul pertanyaan mau dibawa kemana? hidup ini tidak lain seperti sungai yang mengalir, dan kita manusia-manusia_Nya adalah titik-titik air yang terbawa arus kehidupan. dan titik-titik air tidak pernah tau kemana akan dibawa kehidupan ini, termasuk kapan.



dan ketika terdengar pertanyaan "mau dibawa kemana hubungan kita?" "iya, ya mau dibawa kemana?"



sudah ada jawabannya dalam mega server Tuhan, kok. tinggal bagaimana kita menyikapinya kalau saat itu tiba. keikhlasan, adalah kunci untuk membuka password mega server. jadi ketika kita dihadapkan pada pilihan mau dibawa kemana kehidupan ini, serahkan pada Tuhan kemana arahnya.


bukan hanya menjalin hubungan lho ya, tapi dalam setiap detail kehidupan pasti punya arah yang ingin kita tuju. setiap detail yang harus dipastikan arahnya. tapi kemana?

berusaha itu pasti! berusaha memilih arah mana yang akan kita tuju. arah yang menurut kita baik untuk fase kehidupan kita berikutnya. berusaha menentukan sikap. apa yang menjadi pilihan hidup kita (karena hidup bukan untuk bersedih, kita hanya harus memilih). pilihlah apa yang menjadi kata hati kita, karena di sanalah harta kita berada.

berdo'a pada Pemilik mega server! memohon kepada Tuhan adalah sebuah kebutuhan manusia sebagai ciptaanNya. meminta apa yang menjadi pilihan kita adalah apa yang tertulis di mega server tersebut. meminta diberikan kemudahan untuk sampai kesana.

ikhlas! yang ini yang paling sulit. karena apa yang baik menurut manusia belum tentu baik menurut Tuhan. sungguh Dia maha tahu. Dia kan Pemilik mega server tadi. jadi apapun keputusanNya adalah yang terbaik menurutNya.

ketiga langkah itu mengingatkan saya pada beberapa fase kehidupan yang telah saya alami. beberapa di antaranya menjadikan saya 'lebih hidup' dari sebelumnya, karena banyak hikmah terpetik dari perjalanan yang saya lakukan.
Ada banyak do'a dikabulkan dengan banyak kemudahan.
Tidak sedikit pula do'a yang tertunda.
Beberapa do'a ditolak, tapi Tuhan menukarnya dengan hal lain yang lebih berharga.

Ketika pertanyaan arah menghantui pikiran saya, yang saya lakukan adalah menyerahkan semuanya pada Pemilik mega server. Biar Dia saja yang menentukan, (dengan banyak usaha tentunya) dengan begitu saya jarang sekali merasa "kehilangan" termasuk urusan cinta. karena begitulah kehidupan seharusnya. ketika arah yang saya mau bukan arah yang tertulis di mega server, saya bisa apa? saya bisa saja menangis meraung-raung sekencang-kencangnya, itu hanya akan mnyakiti hati saya. karena sekeras apapun tangisan saya, arah itu tetap pada apa yang tertulis di mega server. jadi buat saya pribadi buang-buang energy. dan dengan tersenyum dan berkata "Berikan arah lain yang lebih baik, ya Tuhan" itu terasa lebih melegakan. terasa semua beban terlepas dan saya bisa tidur lebih nyenyak.

jadi ketika ada pertanyaan "mau dibawa kemana?" berusahalah menentukan arah mana yang kita mau, dan setelahnya berdo'a pada Pemilik mega server, dan terakhir serahkanlah semuanya,, ikhlas tanpa bergantung pada makhluk.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar